Fooled by Nature
17 Juli 2008
Gara-gara tayangan yang satu ini, Alifah jadi kerajingan melihat segala siaran yang menampilkan kehidupan binatang. Sangkin gandrungnya, Alifah bisa duduk diam berlama-lama di depan siaran Animal Planet..(thank god...finally ada yang mengalihkannya dari Cartoon Network wakakakaka). Fooled by Nature ini adalah siaran yang menampilkan fakta fakta seputar makhluk hidup yang selama ini tidak kita ketahui. Siaran ini memberikan trivia, mana yang merupakan fakta dan mana yang fiksi dari 5 kehidupan binatang yang disiarkan.

Awalnya kita channel walking..niatnya sih pengen nyari kartun juga wakakaka. Tiba tiba ada gambar sekelompok penguin yang menarik perhatian Alifah. Akhirnya pencarian hiburan TV berakhir di channel ini. Ternyata penguin ini adalah bagian dari acara fooled by nature. Di acara ini dijelaskan bahwa ternyata, setelah penguin betina bertelur....telur nya akan dierami oleh si jantan dan si induk betina nya pergi mencari makan untuk 3 bulan..(gileee emansipasi banget ya wakakakka). Si daddy penguin dengan penuh kehangatan mengerami baby penguin bersama daddy daddy yang lain. Para daddy ini berkumpul di sebuah daratan es antartika sambil membentuk barisan dan berdiri dengan rapat saling berpelukan. Hal ini bertujuan untuk menghangatkan badan di tengah daratan es yang dingin itu. Baby penguin dierami sampai sekitar 115 hari. Dan selama 115 hari, daddy penguin tidak makan sama sekali karena berkonsentrasi mengerami baby penguin. Takjubnya....setelah baby penguin menetas...sang baby "menyusu" dengan daddy penguin melalui tenggorokan daddy. Sang Daddy akan membuka lebar lebar mulutnya dan baby penguin menghisap air susu dari tenggorokan daddy. Yang menarik....selama 115 hari tidak makan, daddy penguin tetap menghasilkan susu di tenggorokannya. Konon...susu ini berprotein dan bergizi tinggi, bahkan lebih tinggi dari ASI manusia. Oleh karena itu baby penguin akan cepat sekali besar dan gemuk. Hebat sekali ya proses kehidupan penguin. Karena sangkin seru dan tak biasa ini....Alifah tetap meminta melanjutkan siaran ini.

Setelah scene mengenai baby penguin...scene selanjutnya adalah kehidupan tentang tikus tanah. Wah yang ini ngga kalah seru (dan rada ngga masuk di akal...tapi fakta lho). Di bawah permukaan tanah di sebuah tempat di meksiko, hiduplah sekelompok populasi naked mouse (tikus tidak berbulu). Konon...tikus tikus ini dilahirkan oleh seekor tikus betina yang didaulat sebagai seorang Ratu yang biasanya berbadan paling besar. Ratu tikus ini bisa melahirkan 50 ekor tikus setiap bulannya. Kerjaan tikus jantan dalam koloni ini adalah secara bergiliran membuahi si Ratu, sementara....tikus tikus betina lainnya bekerja memembuat labirin sebagai jalur transportasi makanan untuk si ratu. Yang sadisnya ni....semua tikus tikus betina di populasi ini kodratnya dalah mandul, hanya si Ratu lah yang berhak dibuahi dan menghasilkan keturunan. Dan bagian yang paling sadis....ternyata tikus tikus betina ini bisa mandul karena pada saat dilahirkan oleh sang Ratu, si Ratu akan menginjak-injak dan mengintimidasi setiap tikus betina yang lahir...oleh karena pressure ini lah si tikus-tikus betina itu jadi mandul...wakakakaka...sadis juga ya. Lalu Alifah langsung berkomentar "Ratu tikus itu jahat banget ya bunda hihihihi"....hehehe aku hanya bisa menjawab "itu cara mereka hidup Alifah....dan mereka binatang, beda dengan kita manusia".

Scene selanjutnya adalah tentang kehidupan unik suatu jenis laba laba yang hidup di Afrika. Mommy spider ini akan menghasilkan menghasilkan baby spider berjumlah saaangat banyak (bisa ratusan). Pada saat baby-baby spider ini lahir, mommy spider akan memberi mereka makan dengan cara mengorbakan diri si mommy sendiri. Baby spider ini akan menghisap makanan dan cairan dari tubuh mommy spider setelah si mommy spider memberikan sinyal yang menandakan bahwa dirinya siap berkorban. Ujung-ujung nya ini adalah akhir hidup si mommy spider. Dia mengorbankan dirinya sendiri untuk anak-anaknya sampai merenggut nyawa nya. Pengorbanan berat seorang Ibu. Di sini Alifah berkomentar "kasihan mommy spider nya..." hehehehe...aku hanya menjawab "karena mommy spider nya sayang sama baby spider".

Scene yang lain adalah tentang kehidupan alligator. Setelah bertelur, mommy alligator akan menyimpan telur telurnya dengan cara menimbunnya dengan tanah dan semak semak, supaya telur-telur itu tetap hangat. Dalam telur itu nantinya akan berkembang baby alligator. Yang unik nih....gender baby alligator ditentukan oleh suhu telur. Jika telur itu terselubung dengan tanah yang cukup hangat, maka nantinya telur ini akan menghasilkan baby boy. Jika telur terselubung dengan tanah yang tidak terlalu hangat, maka telur ini akan menghasilkan baby girl. Alifah langsung berkomentar "berarti Alifah dulu dingin ya bunda"...wakakakakka kesimpulannya lucu-lucu banget, lagi lagi aku menjelaskan bahwa binatang berbeda dengan manusia. Tapi yang penting Alifah tau bahwa ada makhluk lain yang hidup dengan unik di dunia ini...berbeda dari cara hidupnya manusia, itulah kekayaan yang Maha Kuasa.

Banyak lagi cerita tentang kehidupan binatang lainnya (burung maleo di sulawesi yang menguburkan telurnya di tanah volcano yang super panas...sampai cerita tentang kehidupan Ratu rayap yang menyebarkan cairan kimia agar rayap betina lainnya mandul). Tayangan ini unik dan disuguhkan dengan cara yang sangat entertaining...berbeda dari acara pengetahuan animal biasanya