Another Moving Object
07 Maret 2008
Sebenarnya dari minggu kemarin Alifah udah merengek minta di ajak Sirkus Oriental yang sekarang lagi road show ke Duri. Sirkus yang dibina oleh Taman Safari Indonesia ini udah seminggu berada di Duri. Tiba-tiba kepikiran bahwa sirkus ini kan banyak atraksi menarik dan moving object yang indah-indah...kenapa tidak dijadikan ajang hunting foto..??? Akhirnya kemarin malam...Alifah kesampean juga pergi ke sirkus. Di front door udah dibilang ngga boleh bawa kamera dan handy cam...yah seperti biasa...nyali "sok nekat" ku muncul...sambil sembunyi-sembunyi menyelipkan kamera berlensa tele dibalik tas...akhirnya kameraku bisa ikut empunya ke dalam tenda sirkus.

Kita semua beli tiket VIP (Rp 50.000) dan dapat duduk paling depan. Tapi bagian tengah udah penuh...dapatnya bagian samping. Aku sebel juga karena spot mengambil gambarnya ngga asyk...tapi ya udah lah..di sini lah tantangannya sodara-sodara...!!. Tata lampu dan cahayanya cukup mendukung...(hebat juga fasilitas sirkusnya..tenda gede..lampu panggung...plus AC...). Lalu di mulailah acaranya...maka dimulailah pergulatanku akan bidikan-bidikan dari corong lensa. Awalnya aku pake ISO automatic...tapi hasilnya ngga maksimal. Trus di-trial lagi dengan mode manual..yang shutter speed dan apperture nya di adjust ke nilai tertentu supaya gambarnya keren. Setiap peformance punya tata lampu berbeda-beda...ada yang agak redup..ada yang dominan lampu merah..ato lampu hijau. Akhirnya setiap pergantian peformance...aku kembali menukar exposure....huh...capek...tapi demi oh demi. Spot pengambilan di samping panggung ternyata cukup bagus...dan terkadang lebih menguntungkan karena ada beberapa atraksi yang dari segi komposisinya lebih bagus diambil di bagian samping. Wah betapa larutnya aku dalam 'gairah bercinta' dengan kamera wakakakaka. Lalu tiba-tiba memory card ku full...HAH FULL !!....paniklah aku...karena peformance yang sedang tampil ini adalah yang terakhir di mana atraksinya seru banget...bersepeda dengan 10 orang sekaligus. Nah lho...lupa bawa memory card!! emang enakkk....walhasil terjadilah kegiatan mensortir gambar 'gagal' dan menghapusnya supaya punya ruang untuk bidikan baru...huh....jadi kehilangan banyak momen. Pake ngomel lagi ama suami...kenapa kok ngga bawa memory card cadangan...(nah lho...yang sedang menguasai kamera kan aku...mestinya aku yang nyadar harus bawa memory card 'serep'....dasar perempuan wakkakaka).

Setelah sirkus selesai...semua senang..semua puas. Alifah senang karena terhibur sama peformance sirkus yang keren....Bundanya pun puas dengan kamera yang full gambar-gambar seru. Sesampenya di rumah...Alifah langsung minta tidur. Setelah itu Bunda ngutak-ngatik foto tadi sampeeee jam 3 pagi. Setelah selesai meng-edit..baru nyadar kalo aku masih pake baju yang tadi dipake ke sirkus....belum ganti baju sangkin ngga sabarnya.

Begitulah kira-kira pengalaman weekend kali ini....walopun ngga bisa nonton Java Jazz yang juga sedang berlangsung weekend ini....sirkus oriental pun jadi lah...(huhuhuhuhu)....yang penting aku dapat moving object lagi...!!. Oh ya...kalo mo liat...berikut hasil gambarnya...