I Love Moving Object
05 Maret 2008
Jika ada fotografer profesional yang tidak sengaja membaca blog ini..saya minta maaf...bukannya sok pintar ato sok udah jago motret...tapi cuma pengen sharing aja. Maklum saya masih pemula...tidak sejago bapak ini ato bapak yang ini.


Awalnya aku ngerasa hobby yang satu ini adalah hobby mahal...kadang ada unsur 'pamer' heeehehe...masak motret aja kameranya ampe yang sepanjang mulutnya tukul arwana wakakakaka. Pada saat suami membeli peralatan kamera..aku cuma bisa ngenes aja...huh mending duitnya beli apa kek......lagian kan kita bukan wartawan...ngapain juga motretin sesuatu pake kamera dengan lensa sepanjang jalan kenangan...bukannya sekarang udah banyak camera pocket digital yang juga bagus-bagus. Yah biasalah...ini omelan bini kalo laki udah punya 'istri baru' alias..hobby baru. Suamiku siang malam nyetel-nyetel kamera ini...bolak balik baca buku petunjuk..dan baca buku yang berhubungan dengan fotografi juga dll dll. Pas ngeliat hasil jepretannya....hummmm boleh juga....kok lucu ya..gambar daun doang tapi kok lucu. Ada yang beda aja dari gambar itu. Akhirnya mulailah aku 'curi curi pandang' ama hobby ini.


Suatu kali aku minjam buku fotografi dari seorang teman. Buku yang udah tua ini dia beli di pasar loak juga. Buku ini menjelaskan prinsip dasar kamera...apa itu kecepatan rana, bukaan, dll. Trus ada juga gambar-gambar yang merupakan hasil jepretan dari berbagai teknik pengambilan. Hummm...ternyata hobby yang satu ini ada 'itungannya' juga ya. Selain hal-hal teknis dengan berbagai teorinya...ternyata hobby ini juga butuh sense....butuh kepekaan...dan butuh ketepatan dalam menangkap suatu momen. Mulailah aku bener-bener 'naksir' ama hobby ini. Suamiku juga heran..kok yang kemaren istrinya ngomel-ngomel ama 'istri baru' nya ini sekarang malah akur. Bahkan waktuku mempelajari kamera lebih banyak dari suamiku yang udah disibukkan ama urusan kerjaan. Jadilah kamera ini 'diambil' secara sepihak hehehehehe.


Banyak teman-teman yang nyemplung di hobby ini punya minat yang lebih khusus terhadap jenis fotografi tertentu...maksudnya...ada yang lebih senang foto panorama...ada yang lebih senang dengan makro....ada yang lebih senang dengan indoor...ada juga sih yang senang semuanya dan jago di semuanya ini (huhuhuhuu hebatnyaaa). Tapi kalo aku lebih senang dengan moving object....terutama meng-capture momen-momen di sebuah pertandingan olah raga. Wahhh..nikmatnya..!!!! You'll be surprised dengan hasil yang didapat. Tantangannya luar biasa!!!. Kalo foto panorama...kita bisa menanti momen kapan saja...mau matahari terbit, mau yang tenggelam..terserah...kita bisa ngendon di suatu spot seharian. Tapi kalo moving object....semua serba spontan. Ketika melihat semua hasilnya di komputer...wawwww sering ngerasa surprise sendiri. Melihat ekspresi si atlet yang yakin akan membuat skor....sangat eksotis banget dipandang. Belum lagi ekspresi 'hampir putus asa' jika suatu atlet gagal mencetak skor....dan yang paling eksotis adalah butiran keringat si atlet pun bisa di-capture oleh kamera. Movement/pergerakan yang tertangkap kamera juga sangat indah...gerakan-gerakan khas suatu olah raga yang mungkin dengan mata telanjang ngga bisa ditangkap begitu saja keindahannya bisa dilihat dengan puas di foto.


Tantangannya dalam meng-capture moving object terutama dalam sebuah pertandingan olah raga adalah....kita mesti cepat membuat keputusan. Kalo lalai sedikit...momen bisa lewat begitu saja dengan sia-sia. Untung kamera hari gini udah digital. Dengan modal memory card berkapasitas besar...kita bisa klik klak klik kluk sepuasnya (apalagi kalo nyimpen cadangan memory card...wah kalo udah full bisa langsung ganti dengan yang satunya lagi...trus lanjutin motret lagi hehehehe). Selain itu...tantangan yang lain adalah...kadar cahaya di lokasi. Kalo fotografer amatiran seperti saya cuma bisa ngambil gambar di tribun...bukan di floor level layaknya fotografer profesional yang sudah punya pass masuk stadion dan ambil tempat di bagian paling depan. Artinya..dengan jarak yang jauh di tribun dan kadar cahaya yang kurang mendukung....membuat saya mesti putar otak bagaimana caranya supaya kombinasi apperture dan shutter speednya mantaps (plus didukung dengan lensa tele yang puanjaang). Moving object perlu shutter speed tinggi untuk dapat 'menangkap' suatu gerakan cepat yang seketika. Resikonya...cahaya yang ditangkap juga sedikit. Kalo udah gini biasanya aku suka menaikkan nilai ISO nya. Resikonya...?? hasilnya noisy...rada berbintik-bintik gitu. Tapi hal ini bisa direduksi dengan 'rekayasa komputer'...misalnya dengan menggunakan Adobe Photoshop..(kalo urusan meng-Adobe ria...aku belum terlalu ngertiii....masih bolak-balik bukunya berkali-kali....tapi tetep bingung). Kadang ada juga fotografer yang merasa noisy ini bagian dari 'art' foto nya. Seperti sebuah foto di majalah Sports Illustrated yang meng-capture seorang pemain football setelah mencetak touchdown. Di foto ini kelihatan sekali noise nya. Tapi si fotografer membiarkan saja...dan tidak mereduksinya. Hasilnya bagus banget....kesannya seperti klasik gitu.


Yah..jam terbangku masih minim....peralatan juga masih seadanya. Apalagi aku mesti rebutan ama bapak ini :


Jika kami pergi hunting foto ama teman-teman sehobby yang lain...adalah suatu pemandangan yang biasa melihat kami berdua 'berebut' memegang kamera layaknya seorang anak kecil merebutkan sebuah permen hehehehehehehehehehe. Mau punya kamera sendiri?..mimpi kalee...kemampuan yang masih seujung kuku belum pantas punya kamera pribadi. Yah aku mesti belajar banyak lagi. Oh ya...kalo mau lia hasil jepretanku dengan skill yang masih minim ini...yang berikut ini adalah foto-foto yang aku ambil di pertandingan NBA LA Lakers dan pertandingan football Bakersfield Collage. Bagus ato tidak?...terserah menurut anda hihihihihihihi.






2 Comments:

At 6 Maret 2008 pukul 03.08, Blogger Miss de Saire said...

aiiiih mateee! uda mantap keknya ni hehe.
Cip, coba tolong dulu kau pelajari manualbook canon D400, trus ajarin ke aku.. abis males bener bacanya.. lama2 kameran aku bulukan n jamuran nih lensanya, hahahaha!!

ada tantangan yg lebih susah lg ni cip, moving object UNDER WATER! maaaaak..mati aja ngejar2 ikan buat di foto, hahahahaha...

 
At 6 Maret 2008 pukul 04.41, Blogger Silvianty said...

Cok mari sini bukunya...sekalian kameranya...aku pelajari selama setahun..habis itu aku balikin...WAKAKAKAKA enak di kau sil...hihihiihihi. Duh...pengen kali aku punya canon...supaya menyaingi nikon yang sekarang jadi properti 'bersama' ihihihihhi.

Wah kalo under water...modalnya bukan cuma kamera doang...diving course, diving equipment, accomodation bla bla bla banyak kali pun duitnya keluar..belum beli cover kamera untuk di dalam air...huaaaa...

 

Posting Komentar

<< Home