About Goodwill
28 Februari 2008



Awalnya seorang teman di USA menyarankan aku ke tempat ini untuk membeli kardus yang akan digunakan untuk packing.. karena waktu itu aku mau balik ke Indonesia. Ternyata tempat ini ngga cuma sekedar menjual kardus....tempat ini adalah flea market...tepatnya supermarket barang bekas. Humm yang awalnya berniat membeli kardus...jadi tergelitik untuk masuk dan melihat lebih detil apa aja yang ada di goodwill. Di sini kita bisa ketemu berbagai macam barang bekas...mulai dari pakaian (jeans,jaket, atasan, rok, celana, dll), perhiasan, buku-buku, gordyn, alat-alat dapur, sampai barang antik. Melihat keberagaman barang yang ada di goodwill...bener-bener bikin aku tertarik untuk sering mengunjungi nya. Gengsi?....ngga lah...wong orang USA aja cuek kok beli barang bekas. Memang sih aku ngga mengincar baju, sepatu, dll yang menempel di badan karena takut nular bakteri orang bule hehehe. Barang yang aku incar adalah...barang antik!!!. Aku sangat menyukai barang antik...barang antik dapat menonjolkan style ekletik pada interior design. Tapi karena harga barang antik muahal muahal....mimpi aja kali bisa punya koleksi barang antik. Nah dengan ketemunya barang antik di goodwill yang murah meriah...membuat keinginan aku mengoleksi barang antik jadi tak terbendung.


Di sini aku ketemu berbagai macam barang antik yang semestinya berharga sangat mahal di tangan kolektor. Mulai dari miniatur rumah yang limited edition, piring pajangan yang terbuat tahun 30-an, lampu kristal klasik buatan inggris tahun 1972, sampai jam dinding antik buatan circa 50-an. Barang-barang ini ngga bakal bisa didapat di dept. store/supermarket seperti wal mart, ato target....karena selain ini barang antik...asli buatan amerika dan eropa yang sekarang langka keberadaannya di USA (maklum semua barang yang dijual di USA mostly made in china...finally...perekenomian Amerika dijajah China hehehehe).
Apa itu goodwill...??? ternyata goodwill adalah suatu industri/lembaga non-profit...dimana sumber penghasilannya diberikan untuk pelatihan dan training orang-orang tak mampu di USA. Orang-orang tak mampu ini adalah orang-orang tunawisma (homeless), tidak berpendidikan, miskin, sampai orang yang punya keterbelakangan mental. Pelatihan yang disponsori oleh goodwill ini macem macem...mulai dari bidang kesehatan, marketing, sampai engineering. Diharapkan orang-orang yang telah diberi pelatihan oleh goodwill dapat memperoleh pekerjaan dan hidup yang layak. Sebagian besar mereka juga diterima bekerja di goodwill setelah mendapat pelatihan....dan ada juga yang bekerja di perusahaan-perusahaan lain. Dari mana sumber penghasilan goodwill yang disalurkan untuk pelatihan-pelatihan itu?...ya dari donasi nya orang-orang yang memberikan barang-barang bekasnya ke goodwill dan dijual kembali oleh goodwill. Berarti orang-orang mendonasikan barangnya berarti juga mensupport penurunan angka pengangguran di Amerika. Pernah suatu kali pas aku ke goodwill....barusan aja seorang wanita men-donate barang nya. Waduh barang-barang yang didonasi nya mewah-mewah dan rata-rata barang antik semua...ternyata itu semua barang neneknya yang baru saja meninggal...dan si nenek berpesan jika dia meninggal nanti, semua barang-barangnya diberikan ke goodwill. Wewwww kalap lah aku memilih barang-barang antik si nenek yang ruarrr biasa bagus-bagus.
Selain barang antik dan furniture....yang ngga kalah seru di goodwill adalah BUKU!!!!. Disini kita bisa jumpa buku-buku berkualitas baik dan bagus-bagus dengan harga yang murahhh banget. Buku anak-anak hardcover cuma 90 sen (8500 rupiah boo!!). Segeralah aku memborong buku anak-anak untuk memperlancar Bahasa Inggris Alifah di Indonesia nanti. Selain itu buku-buku novel dan buku-buku interior design yang hard cover dan bagus bagus dengan harga miring juga banyak tersedia di sini. Aku memborong buku quilting hard cover yang dibeli cuma 90 sen. Lalu buku-buku engineering dan biografi yang masih sangat bagus kondisinya juga banyak tersusun di goodwill. Pokoknya segala buku ada di sini.
Tapi jangan kecewa jika suatu hari datang ke goodwill tanpa mendapatkan apapun. Jika kebetulan barang-barang yang didonasi kurang bagus...ya isi goodwill saat itu jadi kurang seru. Tapi jika kebetulan goodwill lagi kedatangan banyak barang-barang bagus...waduuhh rasanya seperti durian runtuh hehehehe. Aku jadi kangen ke goodwill...dan meng-hunting barang-barang antik lagi.