Balada Manusia Kalong
08 Maret 2008
Tulisan ini terinspirasi oleh diriku sendiri yang pada saat tulisan ini dibikin jam sudah menunjukkan pukul 2 pagi.....tapi mata belum mau terpejam.


Insomnia?...mungkin bukan ya. Karena insomnia ini kasusnya lebih kompleks...seseorang yang udah pengen banget tidur tapi tidak bisa terlelap karena stress, gelisah, depresi, dll. Bisa karena tekanan hidupnya ato pengaruh obat-obatan. Padahal badan dan otaknya sudah sangat lelah dan butuh istirahat. Nah yang terjadi pada diriku ini....adalah...sulit tidur karena badan dan otak belum merasa lelah. Makin malam makin 'menjadi'. Inspirasi malah gencar memasuki otak di atas jam 12 malam. Artinya...aku belum kepingin tidur. Aku masih merasa 'on'...masih merasa bugar untuk melakukan suatu kegiatan. Tapi kalau tiba saatnya aku pengen tidur....ya aku bisa tidur dengan sepulasnya walaupun itu cuma 2 jam saja. So artinya aku bukan insomnia kan?...ya ngga?...lebih tepatnya manusia kalong hehehehe.

Trus ngapain aja sil malam malam begindang?....yah macam-macam...misalnya seperti malam ini...aku nulis di blog ato editing foto seperti yang dilakukan kemarin sampe jam 3 pagi. Kalo kebetulan ada buku yang dibaca...maka makin malam buku itu terasa semakin 'nyata' visualisasinya...maka semakin sulit untuk di-cut...dan akhirnya dibaca sampai ludes yang tak jarang sampai jam 4 pagi. Jam 4 pagi kan nanggung...bentar lagi mau subuh...yah tunggu aja lah daripada kebablasan....so akhirnya jam 5.15 baru tidur. Bangunnya?...paling lambat harus bangun jam 6.15, kalo ngga..buyar lah semua...telat ke kantor...alifah telat ke sekolah...suami pergi kantor dengan perut kosong tanpa sarapan. Oleh karena itu...hal seperti ini jarang dilakukan pada hari kerja (senin-jumat)....nah kalo weekend...mo tidur jam berapa aja terserah hehehehe. Sejak kapan punya kebiasaan seperti ini?...wah sejak aku SMA...malah makin sering pada saat kuliah yang menuntut aku begadang ngerjain tugas-tugas gila dimana aku baru punya semangat untuk mengerjakannya di malam hari. Kalo kata ayahku...hal-hal begini ini yang nanti akan memicu timbulnya insomnia. Aku mesti punya pola tidur yang saklek seperti suamiku. Dia harus 'tutup mata' pada paling lambat jam 10 malam. Kalo lewat dari itu...besok dia bisa 'tersiksa' di kantor karena lemes.

Sebetulnya apa aja sih aktivitas tubuh pada malam hari...berikut kutipannya :
  • Pukul 9-11 malam : dalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
  • Malam hari pk 11 - dini hari pk 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari pk 1 - 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
  • Dini hari pk 3 - 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan
  • Pagi pk 5 - 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
  • Pagi pk 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9- 10 daripada tidak makan sama sekali.Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.
Tuh kan..ternyata malam hari adalah masa dimana tubuh melakukan autodetox...membuang racunnya. Semua itu adalah aktivitas yang akan maksimal dilakukan jika kita sedang tertidur pulas. Bagaimana jika kita terus terusan begadang dan melakukan aktivitas berat di malam hari? tentunya proses detox tidak akan maksimal dan racun tertumpuk di badan kita. Semakin sering begadang....semakin bertumpuklan racun-racun itu. Mungkin kalo masi muda gini efek begadang ngga begitu terasa negatif....tapi ntar deh kalo udah usia lanjut...hancur deh tu badan. Efek negatif dari kurang tidur adalah menurunkan daya tahan tubuh dan juga mengakibatkan penurunan kemampuan mental. Kemampuan otak untuk menghapal mungkin masih optimal, tapi kreativitas untuk menggunakan bahan hapalan tersebut akan menurun. Stabilitas emosional pun juga ikut terganggu.

Nah berikut ini tips yang disadur dari national sleep foundation :

  • Tidur adalah sumber energi bagi otak: Tidurlah dalam jumlah yang cukup. Kantuk ringan pun sudah dapat mengganggu performa akademis maupun olah raga. Kurang tidur membuat seseorang lesu, mudah marah hingga tertekan.
  • Buat dan ikuti jadwal tidur yang teratur. Jika harus keluar dari jadwal, hindari menunda tidur hingga lebih dari 1 jam dari jadwal, dan bangunlah dalam jarak 2 jam dari jadwal. Jangan lakukan melebihi 2 malam berturut-turut. Jika mengantuk, tidur sianglah lebih awal.
  • Amati jumlah tidur yang optimal bagi dirimu. Setiap orang akan berbeda, tetapi pada remaja/dewasa muda selalu di antara 8,5 hingga 9,25 jam setiap malamnya.
  • Ketika bangun di pagi hari, segera nyalakan lampu atau bukalah jendela, agar terekspos cahaya terang. Tapi jangan lakukan ini saat bangun tidur siang. Cahaya akan memberikan sinyal pada otak saat-saat untuk bangun atau tidur.
  • Pahami irama sirkadian-mu. Buat kegiatan yang memaksimalkan jam biologis dalam diri mu. Misalkan untuk mengatasi kantuk di jam-jam tertentu, lakukanlah kegiatan yang menyenangkan atau penuh semangat.
  • Setelah makan siang, jauhi kopi, minuman bersoda yang mengandung caffein dan nikotin, karena semua minuman ini bersifat stimulan yang dapat mengganggu jam biologis. Hindari juga alkohol yang dapat mengganggu proses tidur normal.
  • Hindari membaca bacaan yang berat, belajar, atau bermain ’games’ komputer dalam 1 jam sebelum tidur. Jangan biarkan TV menyala selama tidur, cahayanya akan menghambat tidur yang efektif sehingga tidur terasa kurang menyegarkan. Setiap kali habis belajar, ambil kegiatan yang santai sebelum tidur, seperti membaca majalah misalnya.
  • Jangan pernah bergadang, karena ini akan mengganggu pola tidur dan performa di keesokan harinya. Ingat, jalan terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, adalah dengan tidur yang cukup. Penelitian membuktikan bahwa siswa dengan tidur yang cukup mempunyai nilai akhir yang lebih baik .
So sil....pergilah tidur sekarang....jangan sampai racun-racun menumpuk di badanmu....konon katanya racun-racun yang tertumpuk ini mengganggu metabolisme yang bisa membuat program pelangsingan badan terganggu. Ya deh iya....aku tidur....eh tunggu ada email masuk...bentar ya satu ini aja....(yaahhhhh dasarr manusia kalong, mendingan jadi hansip aja deh!!!!!).

2 Comments:

At 9 Maret 2008 pukul 00.13, Blogger Miss de Saire said...

Memang ngeeeri kali ibuk satu ni... jam 2 pagi aku pulang javajazz, masi juga status YM-nya OL, wakakaka..
berarti tiap wiken adalah kawan aku begadang yaaa.. =)

 
At 10 Maret 2008 pukul 23.20, Blogger Silvianty said...

Siipp kita chit chat midnight lagi ya weekend besokk

 

Posting Komentar

<< Home