'Seleb' is no Longer a Good Role Model
11 Maret 2008
Kalo dipikir-pikir....kita 'dicekokin' infotainment lebih dari dosis minum obat dalam sehari. Berita yang disuguhkan itu-itu saja dan selalu diputar ulang. Sore hari dan weekend...ada lagi infotainment yang khusus membahas satu berita (yang mostly ngga penting) dan dikupas habis-habisan. Duh...lama-lama mual juga sih. Berita yang disuguhkan jarang sekali hal yang positif...mulai dari urusan seleb yang MBA (melahirkan setelah 3-6 bulan menikah)....artis yang berantem ama ibunya sampe mencak-mencak seperti orang ngga waras.....anak artis yang ngga jelas bapaknya siapa....sampai urusan seleb yang berfoto bugil ato lagi dugem dengan gaya-gaya hedonisme. Sebenarnya ini semua sih hak si artis...mo dia MBA...mo dia mabok...mo dia telanjang...tapi kenapa harus ini melulu yang diungkap ke masyarakat luas. Kenapa tidak dicari hal yang lebih positif untuk diungkit ke publik..(yah namanya gosip sil...mana ada yang positif hehehehe). Nah kalo giliran ada berita positif yang menyenangkan...misal si artis mau menikah...ehh naratornya menyebalkan..teteuup ada unsur negative yang dia kemukakan. Misal waktu Wulan Guritno dilamar lagi....kan senang ya...si Wulan udah dapat jodoh lagi setelah sekian lama menjanda. Ehhh infotainment malah ngungkit-ngungkit 'kejandaan' si Wulan plus ditambah dengan opini-opini artis janda lainnya mengenai pernikahan mereka yang kedua (yang mostly gagal juga). Itu kan pesimistik....kok orang sedang bahagia malah dikasi liputan yang terkesan judgemental (bisa jadi kan si Wulan bener-bener jodoh pas di pernikahan keduanya ini). Trus satu lagi nih...Syaiful Jamil...semakin sering dia diwawancara mengenai eks istrinya (Dewi Persik) semakin memuakkan aku melihatnya...wakakaka. Dia selalu melontarkan 'hinaan-hinaan' halus dengan gaya berbicara yang kelihatan sekali orang sedang tertekan setelah cerai. Sudahlah....biarkan si Syaiful itu meng-healing mental nya. Selagi dia belum bikin album baru....ngga usah diwawancara dulu....ngga penting...huh.

Satu lagi yang bikin kesal...waktu aku baca berita di detik.com...ada banner iklan "Seleb TV". Penasaran juga...aku klik banner ini. Tersambunglah aku pada website seleb TV. Ternyata isinya adalah video-video mengenai artis. Tapi mostly sangat tidak senonoh. Misal...foto si Julie Estelle, Moreno, Laudya sedang dugem dan berbikini. Dari fotonya sih kelihatan sebenarnya ini foto private mereka. Tapi mungkin ada yang iseng menyerahkannya ke media. Trus ada juga foto si Eva Maria (inget kan yang punya kasus ama pejabat bernama YZ)...lagi manggung di sebuah klab malam...yang gayanya ngga lebih seperti seorang penari striptease dengan baju yang ampun ampun deh. Trus ada lagi fotonya adiknya Elma Theana (sapa sih namanya itu?....ngga terkenal euy) sedang dugem ama pacarnya sampe kissing trus disorakin orang banyak...tapi mereka malah bangga kissing in public gitu. Belum lagi video dari hidden camera yang lain. Uhhh nyebelin deh. Artis emang parah-parah kelakuannya.

Sepertinya bangsa kita makin 'diperbodoh' dengan kelakuan artis-artis ini. Media yang dalam hal ini adalah stasiun TV, mestinya membatasi hal ini. Mungkin artisnya sendiri ngga minta diliput (walaupun ada juga yang pengen cari popularitas). Stasiun TV adalah perpanjangan tangan dari konsumen (penonton) dan rumah produksi yang memproduksi infotainment-infotainment. Kalo mikirnya masalah profit melulu....duh ampun deh... dunia pun bisa menjelma menjadi neraka. market ngga melulu dari hal yang sensasional....hal-hal mendidik dan bermanfaat pun akan mendapatkan demand yang tinggi. Enough for infotainment...!!!

2 Comments:

At 11 Maret 2008 pukul 23.48, Blogger Miss de Saire said...

Indonesia agaknya niru2 gaya hidup US yg udah kaya neraka.. artis hollywood bugil sana sini, kawin cerai, drugs dll, malah dijadikan contoh.
heran.. kenapa sih gaya hidup mereka ditiru? Mending juga niru negara2 eropa yang masih educated dan tau manner..! contoh, italy.. mereka kan paling bagus mannernya, apalagi sama orang tua. sebejat2nya mafia, pasti patuh sama ibunya walo digebukin pake sapu lidi...huehuehue. Pers kita juga sama gilooo-nya..!
*piss atuh cip =)*

 
At 12 Maret 2008 pukul 18.30, Blogger Ingerosalina said...

Aduh aku juga udah eneeeeg banget ama infotaiment2 dan sejenisnya itu. Si A mau kuliah lagi diberitain, Si B mau pindah rumah diberitain, Si C lagi ngorek upil diberitain, Si D nggak nyabut bulu ketek juga diberitain. Beritanya bener2 sampah! Bener-bener nggak penting dan wasting time bangettttt...Boikot tayangan infotaiment!!!!

 

Posting Komentar

<< Home